Indonesian English

Workshop ISO 9001:2015 Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. Dadang Supardan, M.Si., menyebutkan pelayanan publik merupakan tugas utama aparatur pemerintah yang menjadi perhatian serta penilaian masyarakat. Artinya aparatur pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. "Seiring dengan tuntutan reformasi segala bidang, hak atas pelayanan yang berkualitas setiap warga negara harus diutamakan. Masyarakat menginginkan pelayanan yang baik dan benar dalam setiap pengaduan yang disampaikan," kata Penjabat Sekda Kabupaten Kuningan, H. Dadang Supardan, saat membuka acara Workshop ISO 9001:2015, di Ruang Purbawisesa, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya, sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu langkah dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 serta Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Publik. "Sejak awal berdiri hingga saat ini sudah banyak ketentuan standar yang dibuat oleh ISO, salah satunya adalah ISO 9001. Pengertian ISO 9001 adalah ketentuan standar yang diakui secara internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu,"paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelengara, Drs. Agus Basuki, yang juga Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kuningan, menyatakan ISO (Internasional Standarization Organization), yaitu suatu organisasi internasional yang berwenang untuk menciptakan ketentuan standar yang berlaku seluruh dunia. "Anggota ISO terdiri dari berbagai warga negara untuk menjamin isi ketentuannya cukup adil, ISO berhak untuk membuat ketentuan standar dalam bidang apapun," kata Agus Basuki, di depan peserta para pejabat SKPD lingkup Pemkab Kuningan itu. (Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)